latest Post

Tips Untuk Membuat Judul Skripsi Yang Menarik

Judul ibarat etalase. Maksudnya Ibarat etalase, judul menjadi hal yang paling menarik untuk dilihat. Kalau judulnya saja tidak menarik dan terlalu biasa, orang tidak akan membaca tulisan kita. Sementara judul yang menarik bisa membuat kita penasaran dengan isi dari tulisan tersebut  

Dalam menulis skripsi atau tesis, judul menjadi sangat penting karena menunjukkan kualitas atau bobot skripsi atau tesis tersebut. Judul skripsi atau tesis berbobot adalah judul yang berkarakter karya monumental. Sifat atau karakter inilah yang mampu mendorong lahirnya temuan-temuan baru yang segar, original, dan jauh dari plagiat.

Menurut buku Libas Skripsi dalam 30 Hari karya Suyadi M.Pdi, Tips Untuk Membuat Judul Skripsi Yang Menarik.

Pilih Mata Kuliah yang Paling Disukai
Strategi dalam menyusun skripsi maupun tesis adalah memilih topik atau judul sesuai dengan minat masing-masing, yaitu sesuai dengan konsentrasi studi dan mempunyai daya tarik yang tinggi untuk diteliti. Misalnya, dengan memilih mata kuliah yang paling disukai untuk pengembangan, dalam rangka penulisan skripsi maupun tesis.

Cermati isu-isu yang paling hangat diperbicangkan
Dunia akademik hampir tidak pernah sepi dari isu-isu menarik. Baik yang linier maupun kontroversial bisa diangkat dalam penelitian untuk penulisan skripsi atau tesis. Tetapi, tidak semua isu tersebut dapat diangkat dalam penelitian. Oleh karena itu, kita harus mempunyai cara untuk mengetahui  pasti isu-isu akademik yang hangat diperbincangkan dalam forum-forum ilmiah akademik. Berikut beberapa media dan forum ilmiah sebagai sumber inspirasi untuk mendapatkan ide menarik.

1. Seminar, workshop, dan lokakarya
Seminar, Workshop, simposium, lokakarya, dan berbagai forum ilmiah lainnya merupakan respons dunia akademik terhadap new issues di bidang keilmuan masing-masing.

2. Melaui pidato pengukuhan guru besar
Dalam pidato pengukuhan sebagai guru besar, seorang profesor pasti akan selalu mengangkat isu–isu ilmiah paling mutakhir di bidang keilmuannya masing-masing.

3. Melalui media massa
Cermatilah isu-isu ilmiah dari berbagai media tersebut. Setelah itu, kaitkan berbagai isu itu dengan mata kuliah pilihan yang paling anda minati.

4. Baca buku-buku terbaik yang berkaitan
Sesungguhnya, yang menjadi persoalan bukan bisa atau tidaknya menemukan judul skripsi atau tesis dengan banyak membaca buku. Tetapi, terletak pada kemapuan anda membaca buku sebanyak mungkin

5. Jelajah Pustaka
Jelajah pustaka atau lebih akrab disebut kajian pustaka adalah review terhadap penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dan berkaitan dengan penelitian yang akan ditempuh. Semakin banyak review terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang relevan, semakin baik kualitas penyusunan skripsi maupun tesis.

Munculnya Satu Ide Kreatif
Menemukan judul skripsi atau tesis, yaitu dengan cara memilih matakuliah paling diminati, mencermati isu, membaca buku, dan jelajah pustaka adalah mempunyai tujuan penting yaitu, menemukan judul kreatif, orisinal dan genuine. Dengan hal tersebut, walaupun sulit dilakukan, tetapi metode tersebut akan mempermudah anda dalam memunculkan ide kreatif.

Itulah beberapa strategi agar menemukan judul yang kreatif dan berkarakter. Jadi, berpikir keraslah untuk menemukan ide baru yang orisinal dalam penulisan skripsi atapun tesis.

Oh ya kawaaan, promo ni aku, mungkin aja bermanfaat. Kami PT Karunia Mandiri Consultant bergerak dalam bidang jasa bimbingan/pembuatan skripsi,tesis,disertasi di surabaya siap melayani kawan-kawan yang tidak ada waktu mengerjakan dikarenakan sibuk kerja atau yang lain. Perusahaan kami resmi dan perusahaan ini salah satu perusahaan terbaik di Surabaya.

About Pemulung Ajah

Pemulung Ajah
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar